diposkan pada : 05-09-2023 10:26:23  Tata Cara Shalat Duduk yang Benar Sesuai dengan Hadis Nabi

 Tata Cara Shalat Duduk yang Benar Sesuai dengan Hadis Nabi

Shalat merupakan salah satu ibadah utama dalam agama Islam, dan merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang sudah baligh dan berakal. Shalat adalah sarana untuk berkomunikasi dengan Allah SWT, mengungkapkan rasa syukur, memohon ampunan, dan mendekatkan diri kepada-Nya. Dalam shalat, ada berbagai posisi yang harus dilakukan, salah satunya adalah shalat duduk. Dalam artikel ini, kita akan membahas tata cara shalat duduk yang benar sesuai dengan hadis Nabi.

 Pentingnya Shalat Duduk

Shalat duduk adalah salah satu bentuk shalat yang dilakukan ketika seseorang tidak mampu berdiri atau suatu kondisi tertentu mengharuskannya untuk shalat dalam posisi duduk. Ini bisa terjadi karena sakit, cedera, atau kondisi fisik lainnya yang menghalangi seseorang untuk berdiri. Dalam Islam, shalat tetap wajib dilakukan meskipun dalam kondisi duduk, dan penting bagi setiap muslim untuk mengetahui tata cara shalat duduk yang benar agar ibadahnya tetap sah.

 Tata Cara Shalat Duduk yang Benar

Tata cara shalat duduk yang benar sesuai dengan hadis Nabi Muhammad SAW dapat dijelaskan sebagai berikut:

 1. Niat Shalat Duduk

Sebelum memulai shalat duduk, seorang muslim harus berniat secara dalam hati untuk melakukan shalat duduk. Niat ini harus murni dan ikhlas semata-mata karena Allah SWT.

 2. Membaca Takbir

Seperti dalam shalat berdiri, shalat duduk juga dimulai dengan membaca takbiratul ihram, yaitu mengangkat kedua tangan sejajar dengan bahu sambil mengucapkan "Allahu Akbar" (Allah Maha Besar).

 3. Membaca Doa Iftitah

Setelah takbiratul ihram, muslim duduk dalam posisi tegak dengan tangan kanan di atas tangan kiri di atas dada dan membaca doa iftitah dengan hati yang khusyuk. Doa iftitah adalah salah satu doa yang disunnahkan untuk dibaca pada awal shalat.

 4. Membaca Surat Al-Fatihah

Setelah doa iftitah, membaca Surat Al-Fatihah adalah langkah berikutnya. Surat Al-Fatihah adalah surat yang wajib dibaca dalam setiap rakaat shalat. Seorang muslim yang shalat duduk harus membacanya dengan baik.

 5. Membaca Surat Pendek

Setelah membaca Surat Al-Fatihah, seorang muslim harus membaca surat pendek dari Al-Quran. Surat pendek ini biasanya adalah Surat Al-Ikhlas, Surat Al-Falaq, atau Surat An-Nas. Surat pendek ini juga wajib dibaca dalam setiap rakaat shalat.

 6. Ruku dan Sujud

Setelah membaca surat pendek, seorang muslim yang shalat duduk harus melakukan ruku (sujud) seperti dalam shalat berdiri. Ruku adalah mengangkat tangan ke depan, membungkukkan badan dengan lurus, dan meletakkan tangan di lutut. Sujud adalah meletakkan dahi, hidung, kedua tangan, lutut, dan ujung kaki di lantai.

 7. Duduk Antara Dua Sujud

Setelah sujud pertama, seorang muslim yang shalat duduk harus duduk sejenak sebelum melakukan sujud kedua. Duduk ini dilakukan dengan cara meletakkan kaki kanan tegak dan kaki kiri ditekuk, dengan posisi tangan di atas paha.

 8. Sujud Kedua

Setelah duduk sejenak, seorang muslim yang shalat duduk melakukan sujud kedua seperti yang dilakukan pada sujud pertama.

 9. Duduk Tasyahhud

Setelah sujud kedua, seorang muslim yang shalat duduk harus duduk dalam posisi tasyahhud. Ini melibatkan duduk dengan kedua kaki yang rata di lantai dan tangan kanan di atas kaki kanan, sementara tangan kiri di atas paha kiri. Selama tasyahhud, seorang muslim juga membaca doa tasyahhud.

 10. Salam

Setelah tasyahhud, seorang muslim harus mengucapkan salam dengan menggerakkan kepala ke kanan dan mengucapkan "Assalamu'alaikum wa rahmatullah" (semoga keselamatan dan rahmat Allah terlimpahkan atasmu).

 Hadis Nabi tentang Shalat Duduk

Tata cara shalat duduk yang benar sesuai dengan hadis Nabi Muhammad SAW merupakan panduan utama bagi umat Islam. Beberapa hadis yang menjelaskan tata cara shalat duduk yang benar antara lain:

1. Hadis Riwayat Abu Hurairah: Rasulullah SAW bersabda, "Apabila kalian duduk dalam shalat, maka berdirilah dengan berdiri (yang sempurna)." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

2. Hadis Riwayat Anas bin Malik: Rasulullah SAW bersabda, "Apabila salah seorang di antara kalian duduk dalam shalat, maka hendaklah dia duduk dengan tuma'ninah (ketenangan)." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

3. Hadis Riwayat Ibn Abbas: Rasulullah SAW bersabda, "Apabila salah seorang di antara kalian shalat dalam keadaan duduk, maka janganlah dia menggerak-gerakkan kakinya seperti kera. Hendaklah dia tenang." (HR. Ahmad)

4. Hadis Riwayat Ibn Umar: Rasulullah SAW melihat seorang lelaki yang shalat dalam keadaan duduk dan menggerak-gerakkan jari-jarinya, lalu beliau bersabda, "Janganlah kalian menggerak-gerakkan jari-jari kalian seperti ekor anjing." (HR. Abu Dawud)

 Kesimpulan

Shalat duduk

 adalah salah satu bentuk ibadah dalam Islam yang harus dilakukan dengan penuh khushu' (khusyuk) dan sesuai dengan tata cara yang benar sesuai dengan hadis Nabi. Mengetahui tata cara shalat duduk yang benar adalah kewajiban bagi setiap muslim, terutama bagi mereka yang mengalami kondisi yang membatasi kemampuan berdiri. Dengan mengikuti panduan yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW, umat Islam dapat menjalankan shalat duduk dengan benar dan mendapatkan manfaat spiritual yang maksimal dari ibadah ini. Semoga artikel ini bermanfaat dalam memperdalam pemahaman kita tentang tata cara shalat duduk yang sesuai dengan ajaran Islam.

Harga PAKET UMROH PLUS TURKI CAPPADOCIA 2024 Khazzanah

Posting by Admin

Harga PAKET UMROH PLUS TURKI CAPPADOCIA 2024 Khazzanah

 Tata Cara Shalat Duduk yang Benar Sesuai dengan Hadis Nabi Salam sejahtera, para penjelajah jalan kebenaran! Sempurnakanlah detik-detik perenungan kita dalam ulasan istimewa ini mengenai Paket Umroh Plus Turki-Cappadocia di tahun penuh berkat, 2023. Mari kita bersama-sama menguliti esensi dan keajaiban yang tersembunyi di dalamnya, serta mengulik keutamaan memilih Turkish Airlines sebagai kendaraan utama dala



587 Kali