diposkan pada : 22-11-2023 09:49:58

Haji Qiran Menyelami Perjalanan Ibadah dengan Khusyuk

Haji Qiran adalah salah satu bentuk ibadah haji yang memiliki kekhususan dan keunikan tersendiri. Dalam tulisan ini, kita akan menjelajahi makna, tata cara, dan manfaat dari pelaksanaan Haji Qiran sebagai bagian dari rukun Islam yang kelima.

Pengertian Haji Qiran

Haji Qiran adalah jenis haji yang menggabungkan antara haji dan umrah dalam satu perjalanan ibadah. Dalam Haji Qiran, seorang jamaah niyatnya untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah sekaligus, tanpa melepaskan ihram di antara keduanya.

Rukun dan Syarat Haji Qiran

Sebagaimana ibadah haji pada umumnya, Haji Qiran juga memiliki rukun dan syarat tertentu yang harus dipenuhi oleh para jamaah. Beberapa rukun Haji Qiran antara lain meliputi niat, wuquf di Arafah, tawaf Ifadah, dan sa'i antara Safa dan Marwah. Jamaah juga harus memenuhi persyaratan ihram dengan berpakaian ihram dan melaksanakan beberapa tindakan sunnah.

Tata Cara Pelaksanaan Haji Qiran

  1. Niat: Jamaah harus membuat niat untuk melaksanakan Haji Qiran sejak awal sebelum memasuki batas miqat.

  2. Ihram: Sebagaimana haji pada umumnya, jamaah Haji Qiran juga memasuki keadaan ihram dengan berpakaian khusus dan mematuhi larangan-larangan ihram.

  3. Umrah Pertama: Setelah sampai di Makkah, jamaah langsung melaksanakan umrah pertama tanpa melepaskan ihram.

  4. Wuquf di Arafah: Setelah umrah, jamaah melanjutkan perjalanan ke Arafah untuk melakukan wuquf, yang merupakan salah satu pilar haji.

  5. Mabit di Muzdalifah: Setelah wuquf di Arafah, jamaah melanjutkan perjalanan ke Muzdalifah untuk bermabit.

  6. Kembali ke Makkah: Jamaah kembali ke Makkah untuk melaksanakan tawaf Ifadah, ramal-ramal, dan sa'i antara Safa dan Marwah.

  7. Tahallul: Setelah menyelesaikan semua rukun haji, jamaah melepaskan ihram dan kembali ke kehidupan sehari-hari.

Manfaat Haji Qiran

  1. Pahala Ganda: Haji Qiran memberikan pahala ganda karena menggabungkan dua ibadah utama, yaitu haji dan umrah.

  2. Pembersihan Diri: Proses haji, termasuk Haji Qiran, dianggap sebagai kesempatan untuk membersihkan diri dari dosa-dosa dan memperbaiki hubungan dengan Allah.

  3. Penguatan Rasa Persaudaraan: Melalui pengalaman ibadah bersama, jamaah Haji Qiran dapat merasakan kebersamaan dan persaudaraan umat Islam dari berbagai negara.

Penutup

Haji Qiran adalah bentuk ibadah yang memadukan keutamaan haji dan umrah dalam satu perjalanan spiritual. Pelaksanaannya membutuhkan kesiapan, kesabaran, dan ketakwaan bagi para jamaah. Semoga dengan melaksanakan Haji Qiran, umat Islam dapat mendapatkan pahala yang besar dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Mengarungi Perjalanan Haji Qiran: Petualangan Spiritual dalam 6 Langkah Unik

Haji Qiran bukan sekadar perjalanan ibadah, melainkan sebuah perpaduan indah antara haji dan umrah, digarap dalam satu niat dan aksi yang sama. Metode haji Qiran menuntut kewajiban membayar dam, menjadikannya sebagai pilihan utama bagi para jamaah yang, karena berbagai alasan, tak dapat melanjutkan haji tamattu' atau haji ifrad, termasuk jamaah haji yang terbatas waktu karena sakit.

1. Pemilihan Miqat: Miqot untuk pelaksanaan haji Qiran bagi jamaah gelombang I berada di Zul Hulaifah (Bir Ali) Madinah, sementara bagi jamaah gelombang II berada di bandara King Abdul Azis Jeddah.

2. Rangkaian Kegiatan Haji Qiran:

  • Bersuci dan Mandi Berwudhu: Sebelum memasuki keadaan ihram, jamaah memastikan tubuhnya bersih dan suci melalui mandi berwudhu.
  • Pakaian Ihram: Dengan berpakaian ihram, jamaah menyatakan kesiapannya memasuki ibadah haji dan umrah.
  • Sholat Sunnat Ihram: Sebagai persiapan lebih lanjut, sholat sunnat ihram dilaksanakan.
  • Niat Ihram: Dengan niat yang tulus, jamaah mengucapkan kata-kata yang menyatakan kesediaannya untuk menjalankan haji dan umrah sekaligus.
  • Perjalanan ke Makkah: Jamaah berangkat ke Makkah sambil memperbanyak bacaan talbiyah, sholawat, dan doa.

3. Tiba di Makkah:

  • Berdoa saat Memasuki Kota Makkah: Langkah pertama setibanya di Makkah adalah berdoa, memohon petunjuk dan keberkahan perjalanan.
  • Masuk ke Masjidil Haram dengan Doa: Dengan hati penuh harap, jamaah memasuki Masjidil Haram, tempat berlangsungnya ibadah suci.
  • Melihat Ka'bah dengan Doa: Melihat Ka'bah, jamaah meresapi momen suci dengan doa-doa yang tulus.
  • Thawaf Qudum: Pelaksanaan thawaf qudum dengan tujuh kali putaran, menandai awal perjalanan spiritual di Makkah.
  • Sa'i Tanpa Mencukur Rambut: Setelah thawaf, jamaah dapat melakukan sa'i tanpa mencukur atau memotong rambut.

4. Persiapan Menuju Arafah:

  • Menunggu Keberangkatan dengan Ihram: Setelah thawaf, jamaah tetap berada dalam keadaan ihram, menunggu keberangkatan menuju Arafah pada tanggal 8 Zulhijjah.

Setiap langkah Haji Qiran memancarkan keunikan dan kekhususan, memperkaya perjalanan spiritual jamaah. Semoga pengalaman ini memberikan keberkahan dan mendekatkan setiap langkah kita kepada Allah SWT.

Menyusuri Empat Tahap Penuh Makna dalam Perjalanan Haji Qiran

Di Arafah:

  • Wukuf dengan Khidmat: Setibanya di Arafah, jamaah Haji Qiran menunggu dengan penuh kesabaran pelaksanaan wukuf. Dalam momen ini, mereka berzikir, bertasbih, membaca Al-Qur'an, dan mendekap doa-doa kepada Allah.
  • Puncak Khutbah Wukuf: Pada tanggal 9 Zulhijjah, jamaah meresapi khutbah wukuf yang penuh makna, sambil menjalankan sholat Dzuhur dan Ashar secara jamak taqdim.
  • Berlimpah dalam Dzikir: Selama wukuf, jamaah terus memperbanyak dzikir, tasbih, membaca Al-Qur'an, dan menghaturkan doa-doa. Sholat Maghrib dan Isya juga dilaksanakan secara jamak taqdim sepanjang perjalanan di Arafah.
  • Menuju Muzdalifah dengan Talbiyah: Sebagai persiapan untuk perjalanan berikutnya, jamaah membaca talbiyah dengan penuh penghayatan saat berangkat ke Muzdalifah.

Di Muzdalifah:

  • Mabit di Muzdalifah: Tiba di Muzdalifah, jamaah menghabiskan waktu mabit hingga tengah malam.
  • Persiapan untuk Melontar Jumroh: Jamaah mencari kerikil untuk melontar jumroh sebanyak 7, 49, atau 70 butir.
  • Perjalanan ke Mina setelah Tengah Malam: Berangkat ke Mina setelah lewat tengah malam, menandai langkah menuju tahapan selanjutnya.

Di Mina:

  • Melontar Jumroh Aqobah: Pada tanggal 10 Zulhijjah, jamaah melontar jumroh Aqobah sebanyak 7 kali.
  • Tahallul Awal: Setelah melontar, jamaah memotong atau mencukur rambut sebagai tanda tahallul awal.
  • Ritual pada Tanggal 11 dan 12 Zulhijjah: Pada tanggal 11 dan 12 Zulhijjah, jamaah melontar jumroh Ula, Wustho, dan Aqobah masing-masing 7 kali.
  • Penyelesaian Nafar Awal: Bagi yang melakukan Nafar Awal, meninggalkan Mina sebelum maghrib pada tanggal 12 Zulhijjah.

Kembali ke Makkah:

  • Thawaf Ifadhah dan Sa’i: Setelah ritual di Mina, jamaah melaksanakan thawaf Ifadhah dan sa’i. Bagi yang sudah melakukan sa’i saat thawaf qudum, tidak perlu melakukan sa’i lagi.
  • Tahallul Tsani: Bagi yang belum, tahallul tsani dilakukan dengan memotong dam.
  • Thawaf Wada’ dan Perpisahan dengan Makkah: Melaksanakan thawaf wada’ sebagai bentuk perpisahan dengan Makkah.
  • Kembali ke Tanah Air atau Madinah: Jamaah haji gelombang I berangkat pulang ke tanah air, sementara jamaah gelombang II menuju Madinah sebagai langkah penutup perjalanan spiritual mereka.

Haji Qiran mengajarkan arti kebersamaan, ketabahan, dan pengabdian dalam melaksanakan ibadah. Semoga setiap langkah jamaah dihargai oleh Allah SWT dan menjadi bekal kebaikan di dunia dan akhirat.

Melaksanakan Ibadah Umroh Bersama Khazzanah Tour: Pilihan Paket Umroh Oktober, November, dan Desember

Bagi mereka yang berniat untuk melaksanakan ibadah umroh, Khazzanah Tour menyediakan pilihan paket umroh yang menggiurkan untuk bulan Oktober, November, dan Desember. Kesempatan ini merupakan langkah awal untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan Khazzanah Tour siap mengantarkan perjalanan spiritual Anda dengan penuh kemudahan.

Paket Umroh Oktober: Mengawali musim gugur dengan beribadah di Tanah Suci, paket umroh Oktober menawarkan pengalaman spiritual yang tak terlupakan. Dengan pelayanan terbaik dari Khazzanah Tour, Anda dapat merasakan keberkahan perjalanan umroh dalam suasana yang penuh berkah.

Paket Umroh November: Bulan yang penuh berkah, November menjadi waktu yang tepat untuk melaksanakan umroh. Khazzanah Tour memberikan penawaran paket umroh yang dirancang untuk memberikan pengalaman ibadah yang mendalam, sesuai dengan tuntunan agama.

Paket Umroh Desember: Menutup tahun dengan beribadah di tanah suci, paket umroh Desember menjadi opsi terbaik bagi mereka yang ingin mengakhiri tahun dengan keberkahan dan kedamaian batin. Khazzanah Tour akan menjadi mitra perjalanan spiritual Anda untuk memastikan segala kebutuhan terpenuhi dengan baik.

Mengikuti 6 Langkah Mengerjakan Haji Qiran: Artikel ini memberikan gambaran langkah-langkah pelaksanaan Haji Qiran, sebuah bentuk ibadah yang menggabungkan haji dan umroh dalam satu niat. Dengan membaca artikel ini, diharapkan calon jamaah dapat lebih memahami proses spiritual dan ketaatan yang dibutuhkan dalam menjalankan ibadah haji.

Komitmen Khazzanah Tour: Khazzanah Tour berkomitmen untuk menjadikan kejayaan Islam kembali melalui jalur dakwah ini. Dengan menyediakan berbagai paket umroh, Khazzanah Tour ingin memudahkan setiap muslim yang berkeinginan untuk melaksanakan ibadah umroh dengan nyaman dan khusyuk.

Informasi dan Kontak: Bagi yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut atau ingin melakukan pendaftaran untuk paket umroh, silakan hubungi Khazzanah Tour. Tim kami siap memberikan penjelasan dan bantuan lengkap mengenai program umroh maupun haji. Semoga setiap langkah ibadah kita mendapatkan ridha Allah dan menjadi bagian dari perjalanan menuju haji mabrur.

Kenyamanan dan Pelayanan Terbaik: Khazzanah Tour tidak hanya menawarkan paket umroh pada bulan Oktober, November, dan Desember, tetapi juga menjamin kenyamanan dan pelayanan terbaik selama perjalanan. Mulai dari akomodasi, transportasi, hingga pendampingan selama ibadah, Khazzanah Tour berusaha memberikan pengalaman umroh yang tak terlupakan.

Keberkahan Perjalanan Umroh: Melaksanakan umroh dengan Khazzanah Tour bukan hanya sekadar perjalanan fisik, tetapi juga perjalanan hati dan jiwa. Setiap detik yang dihabiskan di Tanah Suci dirancang untuk mendekatkan diri kepada Allah, menggali makna spiritual, dan merasakan keberkahan ibadah.

Tentang Haji Qiran: Artikel sebelumnya membahas 6 langkah mengerjakan Haji Qiran sebagai bentuk ibadah yang menggabungkan haji dan umroh dalam satu niat. Haji Qiran memberikan pahala ganda dan menjadi alternatif bagi jamaah yang menghadapi kendala dalam melanjutkan haji tamattu’ atau haji ifrad.

Hubungi Khazzanah Tour: Bagi yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut atau melakukan pendaftaran, jangan ragu untuk menghubungi Khazzanah Tour. Tim kami yang berdedikasi siap memberikan penjelasan detail, membantu dalam proses pendaftaran, dan menjawab setiap pertanyaan yang Anda miliki.

Mengakhiri Perjalanan dengan Thawaf Wada’: Setelah menunaikan ibadah umroh, jangan lupa untuk melaksanakan thawaf wada’, thawaf perpisahan sebagai bentuk akhir perjalanan ibadah Anda di Makkah. Dengan hati penuh syukur, merenunglah sejenak dan berdoalah agar perjalanan Anda diterima oleh Allah.

Kembali ke Tanah Air atau Madinah: Setelah menyelesaikan ibadah umroh, jamaah Khazzanah Tour memiliki dua opsi berikutnya: pulang ke tanah air atau melanjutkan perjalanan ke Madinah untuk merasakan atmosfer ketenangan dan kebersihan kota yang penuh berkah.

Khazzanah Tour senantiasa berupaya memberikan yang terbaik untuk memastikan perjalanan ibadah Anda menjadi pengalaman yang menggembirakan dan membekas di hati. Semoga setiap langkah Anda mendekatkan diri kepada Allah dan membawa berkah serta kebaikan bagi kehidupan Anda.

Paket Umroh Bulan Keistimewaan
Paket Umroh Oktober Oktober - Pengalaman spiritual di awal musim gugur
- Pelayanan terbaik dari Khazzanah Tour
Paket Umroh November November - Bulan berkah untuk mendekatkan diri kepada Allah
- Pengalaman ibadah yang mendalam
Paket Umroh Desember Desember - Menutup tahun dengan berkah dan kedamaian batin
- Pelayanan terpercaya dari Khazzanah Tour
Langkah-Langkah Haji Qiran
1. Pemilihan Miqat
Miqot untuk haji gelombang I: Zul Hulaifah (Bir Ali) Madinah
Miqot untuk haji gelombang II: Bandara King Abdul Azis Jeddah
2. Rangkaian Kegiatan Haji Qiran
- Bersuci dan mandi berwudhu
- Berpakaian ihram
- Sholat sunnat ihrom
- Niat ihram haji dan umroh
- Berangkat ke Makkah
- Melakukan thawaf qudum
- Sa'i antara Safa dan Marwah
3. Di Arafah
- Wukuf dengan khidmat
- Berzikir, bertasbih, membaca Al-Qur'an
- Mendengarkan khutbah wukuf
- Sholat Dzuhur dan Ashar jamak taqdim
- Memperbanyak dzikir, bertasbih, membaca Al-Qur'an, dan berdo'a
- Sholat Maghrib dan Isya jamak taqdim
- Berangkat ke Muzdalifah dengan membaca talbiyah
4. Di Muzdalifah
- Mabit di Muzdalifah hingga tengah malam
- Mencari kerikil untuk melontar jumroh (7, 49, atau 70 butir)
- Berangkat ke Mina setelah lewat tengah malam
5. Di Mina
- Melontar jumroh Aqobah 7 kali
- Tahallul awal dengan memotong atau mencukur rambut
- Melontar jumroh Ula, Wustho, dan Aqobah masing-masing 7 kali pada tanggal 11 dan 12 Zulhijjah
- Bagi yang Nafar Awal, meninggalkan Mina sebelum maghrib pada tanggal 12 Zulhijjah
- Mabit di Mina dan melontar jumroh Ula, Wustho, dan Aqobah masing-masing 7 kali pada tanggal 13 Zulhijjah
6. Kembali ke Makkah
- Melaksanakan thawaf Ifadhah dan sa'i
- Tahallul tsani dengan memotong dam bagi yang belum
- Melaksanakan thawaf wada’ sebagai perpisahan dengan Makkah
- Bagi jamaah gelombang I, berangkat ke tanah air. Bagi jamaah gelombang II, berangkat ke Madinah

Baca juga: Umrah Arbain Bersama Khazzanah Tours & Travel

Umrah Arbain Bersama Khazzanah Tours & Travel Bagi Anda yang merindukan untuk menunaikan ibadah umrah dengan khusyuk dan nyaman, Khazzanah Tours & Travel menyediakan program Umrah Arbain yang dirancang khusus untuk memberikan pengalaman spiritual yang tak terlupakan. Berikut ini adalah informasi lengkap mengenai program Umrah Arbain

 

Paket Umroh 31 Agustus Promo Mahabbah Bonus Kerta Cepat Program 9 Hari

Posting by Admin

Paket Umroh 31 Agustus Promo Mahabbah Bonus Kerta Cepat Program 9 Hari

Haji Qiran Menyelami Perjalanan Ibadah dengan Khusyuk Khazzanah Tours & Travel: Pilihan Utama untuk Umrah dan Haji Khazzanah Tours & Travel, sebuah Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah dan Haji (PPIU) terpercaya dengan izin PPIU No. 115/2021 dan PIHK No. 2906/2021, menawarkan pengalaman perjalanan spiritual yang tak terlupakan. Mengapa Memilih Khazzanah To



555 Kali