diposkan pada : 31-01-2024 16:27:44

Kapan Waktu Mustajab Untuk Berdoa Sesuai Sunnah

Berdoa adalah salah satu cara menenangkan jiwa, tempat di mana seseorang lebih dekat dengan Sang Penciptanya. Doa adalah jalan dari sebuah pengharapan, dan doa adalah senjata umat Muslimin. Jadi, jangan pernah meragukan kekuatan sebuah doa. Berdoa bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Tujuan berdoa adalah untuk meminta sesuatu kepada Allah yang Maha Memberi. Selain itu, dengan berdoa, kita akan selalu dekat dengan-Nya. Sesungguhnya, hanya Allah satu-satunya Zat yang Maha Memberi dan Mengabulkan. Sebagai hamba-Nya, kita wajib berharap dan berdoa hanya kepada Allah SWT.

Hamba yang berdoa dengan sungguh-sungguh akan mendapatkan pertolongan dari Allah SWT. Agar doa dapat segera dikabulkan oleh Allah, kita harus melakukannya pada waktu-waktu yang mustajab ketika berdoa kepada Allah. Berikut beberapa waktu mustajab untuk berdoa:

1. Waktu Sepertiga Malam Terakhir:
Sepertiga malam adalah waktu yang paling mustajab untuk memanjatkan doa kepada Allah, sesuai dengan sabda Rasul tentang kemuliaan waktu sepertiga malam terakhir ini. Rabb Kita Tabaroka wataala turun setiap malam ke langit dunia hingga sepertiga malam terakhir. Lalu, IA Berfirman, "Siapakah yang berdoa kepada-Ku maka Aku akan mengabulkannya, siapa yang meminta kepada-Ku maka Aku akan memberinya, dan siapa yang memohon ampun kepada-Ku maka akan Aku ampuni" (Bukhari Muslim).

Pada sepertiga malam terakhir tersebut, Allah akan menerima doa-doa dari hamba-Nya serta mengabulkan doa-doanya yang bertahajud memohon ampunan-Nya. Siapa pun dari hamba-hamba-Nya yang berdoa di sepertiga malam terakhir pasti akan dengan mudah dikabulkan doa-doanya, dan siapa pun dari hamba-Nya yang meminta ampun kepada Allah di sepertiga malam tersebut pasti dosanya akan diampuni. Oleh karena itu, waktu sepertiga malam terakhir ini sangat tepat untuk melaksanakan sholat malam atau sholat tahajud yang kemudian ditutup dengan sholat witir.

2.Antara adzan dan iqamah
Doa yang dipanjatkan juga tidak akan ditolak oleh Allah SWT. Jika seorang mukmin rutin mendengarkan adzan, maka dia akan selalu teringat tentang waktu mustajab untuk berdoa. Dia juga akan memiliki kesempatan untuk berdoa yang akan dikabulkan oleh Allah. Sungguh, ini merupakan salah satu amalan yang sangat disayangkan jika dilewatkan. Rasul bersabda yang artinya, "Sungguh, berdoa antara adzan dan iqamah tidak akan tertolak." Maka, manfaatkanlah waktu tersebut untuk berdoa, seperti yang diriwayatkan oleh Ahmad.

Sesungguhnya, orang-orang yang datang ke masjid pada awal waktu bisa melaksanakan sholat sunnah dan berdoa antara adzan dan iqamah. Oleh karena itu, biasakanlah diri untuk diam ketika mendengarkan adzan, mendengarkan, dan menjawab adzan. Kemudian, panjatkanlah doa setelah adzan dan sebelum iqamah. Dengan keyakinan, doa kita akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Waktu Mustajab Untuk Berdoa Seorang Hamba Yang Beriman

3.Hari Jumat 
Hari Jumat merupakan salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa, karena merupakan hari yang baik di antara hari-hari baik lainnya. Sebagian ulama menjelaskan bahwa waktu yang paling mustajab untuk berdoa di hari Jumat adalah sejak dimulainya khutbah Jumat hingga selesainya sholat Jumat dilaksanakan. Namun, ada juga sebagian ulama yang menjelaskan bahwa waktu yang mustajab di hari Jumat adalah setelah sholat Ashar hingga matahari di hari Jumat tenggelam.

Rasul bersabda, pada hari Jumat terdapat suatu waktu di mana jika seorang hamba Muslim yang memanjatkan doa kepada Allah bertepatan dengan waktu tersebut, Allah akan memberi apa yang ia minta. Waktu itu adalah setelah Ashar, hadis ini diriwayatkan oleh Ahmad. Juga, manfaatkanlah untuk memohon ampunan dari Allah dengan sungguh-sungguh berdoa pada hari Jumat.

Hari Jumat adalah hari paling mulia di antara hari-hari yang lain karena di hari Jumat terdapat sholat Jumat yang hukumnya wajib bagi umat Muslim laki-laki yang sudah baligh. Oleh karena itu, jangan sia-siakan kesempatan berdoa dan memohon ampunan pada hari Jumat, dan ingatlah keistimewaan dan keberkahan yang terdapat pada hari tersebut.

4.Turun Hujan
Waktu terbaik untuk berdoa adalah ketika turun hujan. Hujan merupakan rahmat Allah SWT yang diturunkan bagi kelangsungan hidup manusia. Turunnya hujan diibaratkan seperti turunnya rizki dari Allah SWT. Turunnya hujan adalah waktu yang mustajab untuk berdoa, karena pada waktu itu semua makhluk di bumi merasa bahagia atas turunnya rahmat Allah berupa limpahan air hujan. Doa yang dipanjatkan pada saat turun hujan tidak akan tertolak oleh Allah, sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh Hakim.

Rasul bersabda yang artinya, "Carilah doa yang mustajab pada tiga keadaan, yaitu saat bertemunya dua pasukan yang sedang bertempur, saat menjelang sholat dilaksanakan, dan saat turun hujan" (H.R. Baihaqi).

Dari sabda Rasul tadi, dapat diambil bahwa terdapat tiga waktu doa yang tidak tertolak, yaitu saat bertemunya dua pasukan, saat menjelang sholat, dan saat turun hujan. Oleh karena itu, manfaatkanlah waktu turun hujan untuk memperbanyak doa dan memohon kepada Allah, karena pada saat itu merupakan salah satu waktu yang sangat diberkahi dan mustajab untuk berdoa.

Waktu Mustajab Untuk Berdoa

5.Menjelang saat berbuka puasa
Menjelang saat berbuka puasa merupakan waktu yang paling mustajab untuk memanjatkan doa. Doa yang dipanjatkan pada waktu tersebut pasti tidak akan tertolak oleh Allah SWT. Waktu berbuka puasa adalah saat seseorang telah selesai menjalankan ibadah puasa dengan menahan segala nafsunya. Hal ini sesuai dengan apa yang diungkapkan oleh Baginda Rasul.

Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa ada tiga doa yang tidak tertolak, yaitu doa orang yang berpuasa ketika berbuka, doa pemimpin yang adil, dan doa orang-orang yang terzalimi. Dari hadis tersebut, dapat dipahami bahwa doa orang yang berpuasa ketika akan berbuka tidak akan tertolak oleh Allah SWT. Bahkan, terdapat hadis lain yang meriwayatkan bahwa sepanjang waktu berpuasa adalah waktu yang mustajab untuk berdoa.

6.Saat Minum Air Zam-zam

Saat minum air Zam-zam juga merupakan waktu yang mustajab untuk memanjatkan doa. Air Zam-zam adalah air suci yang bersumber di tanah suci Mekah al-Mukarramah. Silakan memanjatkan doa setelah meminum air Zam-zam, karena ini adalah waktu yang mustajab untuk memanjatkan doa. Hal ini sesuai dengan hadis Rasulullah yang diriwayatkan oleh Imam Ibnu Majjah yang artinya, "Air Zam-zam tergantung kepada keinginan orang yang meminumnya." Dari sabda Rasul tersebut, dapat dipahami bahwa khasiat air Zam-zam tergantung dari keinginan orang yang meminumnya. Para ulama menyimpulkan bahwa waktu saat minum air Zam-zam adalah waktu yang mustajab untuk berdoa. Oleh karena itu, berdoalah terlebih dahulu sebelum meminum air Zam-zam, niscaya Allah akan mengabulkan doanya.

7.Setelah sholat Fardu
Waktu lain yang mustajab untuk memanjatkan doa adalah setelah melakukan sholat lima waktu. Rasul pernah ditanya oleh sahabatnya, "Doa apa yang paling dikabulkan oleh Allah?" Rasul menjawab, yang artinya, "Doa yang dipanjatkan pada bagian malam terakhir dan doa setelah sholat fardu" (Hadis riwayat Tirmidzi). Maka, ketika kita selesai menyelesaikan sholat fardu atau sholat wajib, jangan terburu-buru untuk beranjak setelah melakukan ibadah sholat tersebut. Duduklah sejenak, berdzikir, dan panjatkan doa yang kita harapkan agar bisa dikabulkan oleh Allah SWT.

8.Waktu Ketika Sujud Dalam Sholat
Waktu mustajab dalam berdoa selanjutnya adalah ketika melakukan sujud dalam sholat. Oleh karena itu, banyak ulama yang menganjurkan untuk memperpanjang waktu sujud ketika menunaikan ibadah sholat sunah. Rasul bersabda yang artinya, "Sedekat-dekatnya seorang hamba dengan Rabbnya adalah ketika ia bersujud. Maka perbanyaklah doa" (H.R. Muslim). Maka, perbanyaklah doa ketika sedang bersujud dalam sholat, niscaya tidak akan tertolak doanya oleh Allah SWT.

Demikian ulasan tentang beberapa waktu terbaik untuk berdoa kepada Allah. Allah senantiasa mendengarkan apa yang hamba-Nya butuhkan. Sebagai hamba manusia, kita wajib berdoa dan berusaha hanya mengharap ridho dan pertolongan dari Allah SWT. Wallahu a'lam. Wassalamualaikum.

 

Baca juga: PAKET HAJI KHUSUS (QUOTA PEMERINTAH) 2024 PROGRAM EXCELLENT

Paket HAJI KHUSUS 2024 (EXCELLENT) Musim Haji 1445 H / 2024 M Program Haji (Quota Pemerintah) bersama Travel Khazzanah Tours Setiap tahun, jutaan umat Muslim dari seluruh penjuru dunia memimpikan momen suci untuk menunaikan ibadah Haji di Tanah Suci

 

Umroh Plus Turki Cappadocia 2023-2024 Melintasi Keindahan Dunia Barat dan Kebahagiaan Spiritual

Posting by Admin

Umroh Plus Turki Cappadocia 2023-2024 Melintasi Keindahan Dunia Barat dan Kebahagiaan Spiritual

Umroh Plus Turki Cappadocia 2023-2024 Melintasi Keindahan Dunia Barat dan Kebahagiaan Spiritual   Seperti yang umum diketahui, negeri ini memang memiliki keelokan yang sangat istimewa. Dengan ciri khas geografi dan keberagaman budaya yang mencakup dua benua, Selat Bosporus bukan hanya berfungsi sebagai pemisah, tetapi juga sebagai perekat bagi negara ini. D



806 Kali