diposkan pada : 27-07-2023 10:57:04

Cara Daftar dan Cek Nomor Porsi Haji

Cara cek porsi haji keberangkatan tahun ini bisa Anda lakukan secara online dengan sangat mudah. Hanya dengan memasukkan nomor porsi haji yang diterima pada saat melakukan setoran awal di bank. Setelah itu, sistem website akan menampilkan informasi terkait jadwal keberangkatan Anda.

Persiapan dan Cara Daftar Haji Paling Update

  1. Menyiapkan Syarat-Syarat

Para calon jemaah haji yang ingin mendaftar haji wajib menyiapkan beberapa persyaratan dan dokumen-dokumen penting. Berikut adalah syaratnya:

    • Berusia minimal 12 tahun dan maksimal 65 tahun
    • Wajib beragama Islam
    • Memiliki KTP aktif yang sesuai dengan domisili lain. Atau bisa juga bukti identitas lain yang sah
    • Kartu Keluarga
    • Akta kelahiran atau ijazah atau akta nikah
    • Memiliki tabungan pribadi atas nama sendiri
    • Wajib melampirkan pas photo terbaru ukuran 3×4 dengan latar belakang warna putih. Serta warna baju atau kerudung harus kontras dengan latar belakang. Tidak menggunakan baju dinas dan kacamata. Serta wajib berhijab bagi jemaah wanita. 
  1. Daftar Tabungan Haji

Cara daftar haji selanjutnya ialah mendaftar tabungan khusus haji atas nama sendiri. Cara mendaftar tabungan bisa melalui bank dengan dana minimal Rp25 juta. Persyaratan tadi wajib sebab uang tersebut akan dijadikan setoran awal BPIH ke rekening Kemenag. Serta dapat membuat calon jemaah mendapatkan nomor porsi.

Adapun beberapa syarat yang harus Anda siapkan selain uang Rp25 juta, yakni:

    • Fotokopi KTP 2 lembar
    • Fotokopi akta kelahiran/ijazah/akta nikah 2 lembar
    • Fotokopi kartu keluarga 2 lembar
    • Fotokopi rekening tabungan 2 lembar
    • Fotokopi surat kesehatan terkait informasi berat bada, golongan darah, dan tinggi bada 2 lembar
    • Pas photo ukuran 3×4 17 lembar
    • Pas photo ukuran 4×6 3 lembar
    • Map untuk berkas 2 lembar
  1. Melengkapi Surat Pernyataan

Setelah membuka tabungan haji, calon jemaah akan diminta untuk melengkapi sebuah surat pernyataan. Surat ini merupakan surat resmi yang diterbitkan langsung oleh pegawai Kementerian Agama Republik Indonesia. Nantinya surat pernyataan ini akan diisi sebagai syarat daftar haji wajib bagi setiap jemaah.

  1. Mendaftar Melalui Online

Apabila surat pernyataan sudah lengkap, maka calon jemaah sudah bisa melakukan pendaftaran melalui online. Pendaftaran haji online bisa diakses melalui Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu milik Kementerian Agama resmi.

  1. Mendaftar Melalui Kemenag

Setelah melakukan beberapa proses di atas, langkah selanjutnya adalah mendaftar melalui Kemenag yang ada di kota Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

    • Mendatangi kantor Kemenag setempat
    • Mengisi formulir dan buku tamu khusus pendaftaran haji
    • Serahkan formulir beserta dokumen tersebut kepada petugas
    • Jika ada kesalahan atau dokumen yang belum lengkap, segera lengkapi agar tidak ada kesalahan nantinya
    • Nantinya calon jemaah akan diminta untuk melakukan foto dan mengambil sidik jari
    • Calon jemaah juga akan diminta memeriksa ulang berkas dan dokumen agar tidak ada kesalahan
    • Selanjutnya calon jemaah akan diminta menandatangani formulir pendaftaran tadi. Setelah itu barulah calon jemaah akan mendapatkan bukti pendaftaran
    • Selain bukti pendaftaran, calon jemaah juga akan mendapatkan tanda bukti setoran awal bank
    • Barulah setelah itu Kemenag akan memperkirakan jadwal keberangkatan. Untuk mengeceknya bisa melalui website resmi Kemenag dengan mengikuti cara cek porsi haji Kemenag Atau bisa juga menelepon ke nomor pusat bantuan Kemenag.

Cara Cek Porsi Haji Dengan Mudah di Android

  1. Siapkan Nomor Porsi Haji

Cara cek porsi haji 2022 bisa Anda lakukan dengan cara menyiapkan nomor porsi haji yang didapat pada saat telah menyelesaikan semua proses pendaftaran haji. Nantinya nomor porsi haji ini akan diberikan langsung oleh petugas Kemenag di tempat Anda mendaftar haji.

Nomor porsi ini sangat penting, jadi jika Anda mendapatkan nomor ini, segera simpan dengan baik agar tidak hilang.

  1. Buka Laman Resmi Haji Kemenag

Lama resmi haji Kemenag adalah https://haji.kemenag.go.id/v4/ dengan masuk ke laman tersebut, Anda bisa mendapatkan informasi terkait jadwal berangkat haji.

Selain jadwal berangkat haji, Anda juga bisa mendapatkan informasi terbaru tentang haji dan umroh secara akurat dan terpercaya. Jadi tidak perlu lagi percaya dengan berita-berita yang belum tentu kebenarannya.

  1. Temukan Kolom Perkiraan Keberangkatan

Cara mudah cek porsi haji melalui website Kemenag adalah dengan cara mencari kolom perkiraan keberangkatan. Nantinya di kolom tersebut Anda akan diminta untuk mengisi nomor porsi haji yang sesuai dengan lembaran.

Setelah selesai, klik 'cari' untuk menampilkan hasilnya. Nantinya Anda akan diberikan informasi lengkap terkait jadwal keberangkatan haji Anda. Sangat mudah, bukan? Hasil tersebut bisa Anda cetak untuk memudahkan menyimpannya.

Itulah tadi cara mendaftar dan cara cek porsi haji terbaru dengan mudah melalui website. Sebagai catatan, biasanya perkiraan jadwal keberangkatan haji bisa berubah-ubah. Ini disebabkan karena adanya perubahan regulasi kuota. Jadi, agar tidak ketinggalan informasi Anda bisa memantau website Kemenag secara rutin serta menggunakan cara cek yang ada di atas.

Baca juga: UMROH PLUS TURKI CAPPPADOCIA 2024

Paket Perjalanan Umroh Plus Turki-Cappadocia 2024 Pada permulaan tahun 2024, kesempatan untuk mengarungi perjalanan spiritual dan menikmati keajaiban alam yang memesona memikat para jamaah yang ingin menyatukan nilai-nilai spiritual umrah dengan keindahan wisata alam Turki. Dalam program unik ini, para pelancong diundang untuk memulai perjalanan berkesan

Deskripsi: Penting untuk mengetahui cara daftar dan cara cek porsi haji terbaru agar dapat memperkirakan keberangkatan, simak di sini.

Tags: cara cek porsi haji, cara daftar haji, cara mudah cek porsi haji, cara cek porsi haji Kemenag, cara cek porsi haji di android

PAKET UMROH FEBRUARI 2024 KERETA CEPAT PROGRAM MILAD KE 12 KHAZZANAH TOURS

Posting by Admin

PAKET UMROH FEBRUARI 2024 KERETA CEPAT PROGRAM MILAD KE 12 KHAZZANAH TOURS

Paket Umroh Awal Februari 2024 Paket Umroh Mahabbah Khazzanah Tours: Menyatu Dalam Perjalanan Istimewa Seiring bergulirnya bulan Februari tahun 2024, Khazzanah Tours mempersembahkan sebuah perjalanan istimewa yang tidak hanya memadukan kekayaan spiritual umroh, tetapi juga kenyamanan dan kecepatan melalui penggunaan kereta cepat. Program ini, yang dihadirkan dalam rangka merayakan Milad ke-



270 Kali